Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4/Folio pada Printer HP F2400 Series


Waktu itu saya diminta tolong untuk mencetak alias nge-print beberapa lembar. Saya diberi beberapa kertas berukuran F4. Kemudian saya membuka file yang akan di-print dan saya lihat pengaturan size layout di MS.Word-nya, ternyata size-nya tidak sesuai dengan kertas F4. Kemudian saya mencari daftar size F4 di MS.Word, dan ternyata tidak ada juga. Kertas F4 mempunyai ukuran 8.5×13 inch, sedangkan yang mendekati ukuran F4 hanya ukuran letter (8.5×11 inch) dan legal (8.5×14 inch).  Akhirnya saya putuskan untuk menggunakan ukuran legal, karena ukuran legal lebih panjang 1 inch dibanding F4.

Saat proses nge-print,  terkadang berbunyi  “kreukeueueuek…. kreuteukk……. (seperti terjadi benturan pada komponen mekanik printer HP F2400 Series)” , dan hasilnya print-nya hanya sebagian saja malah terkadang kertas menggulung tersangkut ditengah proses nge-print. Kenapa bisa begitu…? Apa printer-nya rusak ?

Akhir saya googling dan menemukan jawabannya di http://tempatsharing.wordpress.com yaitu:

“Karena banyak pengguna office ketika mencetak dokumen dengan maksud menggunakan ukuran folio ternyata tidak tersedia secara default pada template kertas yang disediakan oleh printer yang dipakai (ingat….ting…: ukuran-ukuran kertas yang tampil pada aplikasi office tergantung pada printer yang terinstall dan default), sehingga biasanya kita (yang belum paham) menggunakan ukuran kertas legal (selisih panjang 1 Inch) walhasil kadangkala hasil cetak terpotong.”

Dan berikut langkah Cara menambahkan  ukuran kertas F4/Folio pada Printer HP F2400 Series :

  • Buka Devices and Printers
  • Klik kanan pada icon HP Deskjet F2400 series dan pilih Printing preferences

  • Pada tab Features, pilih size custom.

  • Beri nama dan ukuran F4,lalu klik Save dan OKE.

  • Hasilnya, ukuran F4 berhasil ditambahkan dan telah terdaftar di MS.Word.

Semoga bermanfaat….!

Ref : http://tempatsharing.wordpress.com

5 responses to “Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4/Folio pada Printer HP F2400 Series

  1. Ping-balik: HP Smart Web Printing menggunakan Internet Explorer | Syariyandi's Blog

  2. printer aku HP deskjet 1000 j110 series, dan laptop nya windows 7, aku udah coba tapi tiap klik printing preference dialognya beda, nggak ada features nya. jadi gimana?

  3. kalau untuk printer hp d2645s gmna cara nambah kertas f4?

Tinggalkan Balasan

